Kamis, 15 Agustus 2019

6 Langkah Menjaga Bunga Krisan di Wilayah Panas Supaya Tumbuh Subur serta Berbunga

Menjaga Bunga Krisan


Bunga krisan juga dikenal dengan nama bunga seruni atau bunga krisantenum. Bunga krisan ialah type bunga yang pas ditanam di wilayah bersuhu udara condong hangat. Hal tersebut bukan bermakna jika bunga krisan tidak bisa tumbuh subur di wilayah panas. Anda perlu tahu langkah menjaga bunga krisan di wilayah panas.

Asal mula bunga krisan 


Tanaman krisan datang dari Cina serta Jepang. Tanaman ini menebar ke lokasi Eropa serta Prancis tahun 1795. Tanaman krisan mulai masuk ke Indonesia pada era ke-17. Semenjak tahun 1940, bunga krisan ditingkatkan dengan komersial.

Morfologi bunga krisan 


Bunga krisan memiliki bentuk serta warna yang beragam. Bunga krisan mempunyai dua type yaitu seperti berikut:

Pada type ini cuma dijaga satu kuncup bunga dengan tinggalkan bunga di bagian paling atas (bunga terminal). Kuncup bunga yang lain atau disebutkan bunga internal selanjutnya dibuang.

Berlainan dengan type standard, type spray ialah kebalikan dari type standard. Pada type ini kuncup bunga paling atas (bunga terminal) dibuang, sedang bunga yang lain (bunga internal) masih dijaga.

Faedah bunga krisan 


Bunga krisan umumnya ditanam jadi tanaman hias atau bunga potong. Bunga ini mempunyai warna bunga yang indah serta bermacam. Tidak hanya keindahan warna bunganya, bunga ini mempunyai banyak faedah dalam bagian kesehatan.

Bunga krisan bisa digunakan untuk menjaga kesehatan jantung, membuat perlindungan dari infeksi bakteri, pelihara kesehatan mata serta telinga, tingkatkan peranan otak, menyamakan kandungan kolestrol, serta detoksifikasi toksin dalam hati.

Baca juga: Toko Bunga manado Terkenal


Langkah menjaga bunga krisan di wilayah panas 


Bunga krisan memang datang dari wilayah yang sejuk serta dingin. Oleh karenanya, bunga ini akan gampang layu di wilayah yang begitu panas. Tetapi, hal itu bukan bermakna membuat Anda berputus harapan dalam membudidayakan bunga krisan. Ada cara-cara menjaga bunga krisan di wilayah panas yang butuh Anda lihat, yaitu seperti berikut:

Tanaman krisan suka pada cahaya matahari penuh, tapi pada dataran rendah yang benar-benar panas krisan akan layu serta tumbuh tidak bagus. Anda butuh sesuaikan situasi keadaan denga tanaman. Bila begitu panas, tanaman krisan dalam pot bisa Anda alihkan ke wilayah yang lebih teduh atau dalam nanungan.

Tanaman krisan terhitung ke type tanaman yang bisa ditanam dalam pot, hingga Anda bisa menanam tanaman krisan dalam pot agar mengalihkannya dengan gampang. Tanaman krisan bisa tumbuh secara baik di rumah kaca sampai suhu 34 – 36 derjat Celcius.

Bunga krisan terhitung ke bunga sub tropis, hingga lebih baik ditanam di dataran tinggi atau yang mempunyai suhu 21 – 25 derajat Celcius. Tetapi, tanaman ini masih bisa ditanam di wilayah panas bersuhu tinggi walau akan ada banyak kekurangan. Kekurangan itu ialah warna bunga lebih sirna, tanaman lebih pendek, serta usia tanaman yang pendek.

Menaruh bunga krisan dibawah cahaya lampu tiap malam bisa membuat postur tanaman krisan yang tambah tinggi. Jarak di antara lampu serta tanaman krisan optimal 2 mtr.. Pengukuran sinar yang diterima tanaman krisan bisa memakai luxmeter. Nila baik yang akan diperlihatkan oleh alat itu ialah 70 lux.

Waktu postur tanaman telah sesuai dengan yang diharapkan, baru tanaman krisan disimpan dalam tempat yang tidak terserang sinar saat malam hari. Ini mempunyai tujuan agar tanaman krisan cepat berbunga atau masuk ke babak generatif.

Waktu Anda beli tanaman krisan, umumnya penjual cuma memakai sekam bakar jadi media tanamnya. Alihkan krisan yang sudah dibeli itu ke pot yang semakin besar serta imbuhkan media lain yang lebih meredam air.

Suhu udara yang panas bisa percepat penguapan air, hingga pilih media tanam yang lebih meredam air seperti kompos. Anda bisa membuat kompos dengan tahu langkah membuat kotoran kambing jadi pupuk kompos berkualitas, langkah membuat pupuk kompos dari serbuk gergaji, langkah membuat pupuk kompos dari sampah rumah tangga, serta langkah membuat pupuk kompos dari buah busuk.

Penyirama tanaman krisan semestinya dikerjakan tiap pagi hari. Anda perlu menyiram di bagian akar serta batangnya saja serta jauhi menyiram sisi daunnya. Penyiraman bisa dikerjakan dengan manual atau mungkin dengan memakai sprayer/gembor.

Pemberian pupuk butuh dikerjakan dengan teratur. Anda lebih baik memakai pupuk yang terbuat dari beberapa bahan organik. Ini mempunyai tujuan supaya media tanam tidak tercemari bahan kimia.

Buat Anda penggemar tanaman hias, tehnik pinching serta disbudding mungkin tidak asing . Tehnik pinching ialah tehnik pemotongan atau pembuangan puncak yang biasanya tumbuh pada tanaman waktu awal penanaman.

Tehnik disbudding ialah tehnik pemotongan lewat cara singkirkan sisi bunga yang tidak diharapkan untuk mendapatkan bentuk yan prima serta seperti keinginan.

Baca juga: Toko Bunga Duka Cita Manado

Berikut keterangan tentang langkah menjaga bunga krisan di wilayah panas. Langkah menanam bunga krisan yang baik bisa menolong bunga krisan Anda masih tumbuh subur serta berbunga walau ditanam di wilayah panas. Anda bisa coba mengimplementasikannya pada tanaman krisan yang Anda budidayakan. Mudah-mudahan berguna.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar